Misteri Yajuj dan Majuj

Hakikat dan Asal-usul Mereka

  • Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku besar, masih termasuk anak cucu Adam as, berasal dari keturunan Yafits putra Nuh as, dan mereka tidak hidup di alam ghaib seperti para malaikat dan bangsa jin.
  • Secara fisik, mereka berasal dari ras bangsa Turki, negara-negara tetangga mereka, anak keturunan mereka, dan yang serumpun dengan mereka. Tidak ditemukan dalam atsar-atsar yang kontradiktif dengan ciri-ciri mereka secara manusiawi. Maka dustalah siapa saja yang menentang dalil-dalil yang shahih ini.

Negeri Mereka

Tempat tinggal asli mereka adalah di bagian utara benua Asia, tepatnya di negara Mongolia dan bagian timur Turkistan. Mereka tetap berada di wilayah tersebut dan tidak akan mampu keluar darinya disebabkan ada dinding Dzulqarnain yang dipancang dengan kuat sejak bertahun-tahun lamanya

Keluar dan Terbukanya Mereka

  • Permulaan awal keluarnya mereka terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW, yakni melalui pengabaran beliau: “Hari ini, dinding Ya’juj dan Ma’juj telah dibuka seperti ini.” Lalu beliau melingkarkan ibu jari dengan jari telunjuk. Kemudian terbukanya (dinding) akan senantiasa bertambah, sehingga lenyaplah dinding tersebut dan hancur luluh.
  • Penemuan-penemuan yang baru dan industri-industri yang maju pesat memberikan peluang bagi mereka untuk melewati berbagai rintangan alamiah yang lain, sehingga mereka bisa dibukakan dari setiap tempat untuk berbaur dengan manusia. Maka mereka muncul dari puncak-puncak gunung dan menembus dari permukaan- permukaan lautan serta naik ke angkasa langit. Dan mereka pun menjadi: “Turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.” Mereka tidak selamanya terkurung dibalik tembok, di mana tidak ada seorang pun yang dapat melihat mereka.
  • Dibukakannya (tembok) Ya’juj dan Ma’juj serta keluarnya mereka untuk pertama kali, itu telah terjadi. Lalu dari merekalah terjadi kerusakan di muka bumi yang menimpa manusia secara umum serta kaum muslimin dan bangsa Arab secara khusus. Seperti fitnah bangsa Tartar di Timur dan peperangan-peperangan Al-Majjar di negara-negara Eropa.
  • Keluarnya mereka di akhir zaman sebagaimana yang disebutkan dalam hadits An-Nawwas bin Sam’an setelah fitnah Dajjal itu tidak menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin akan keluar sebelum itu. Karena maksud kata “keluar” adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan bukannya baru pertama kali keluar.

Siapakah Ya’juj dan Ma’juj Sekarang ini?

  • Kaum ini berjalan begitu cepat dari tempat aslinya di Mongolia dan Turkistan. Darinya lalu bercabang-cabang menjadi bangsa Scythia, Tartar, Mongol mengalahkan bangsa-bangsa Eropa , Asia dan berbaur dengan mereka. Jadi, merekalah kaum tersebut, meskipun mereka telah mempunyai nama-nama khusus. Di belakang mereka masih ada bangsa-bangsa lain, seperti Amerika, juga dihukumi seperti mereka.
  • Yang lebih tepat bahwa lafazh “Ya’juj dan Ma’juj” berasal dari kata al-ajij (yang menyala-nyala) dan as-sur’ah (berjalan cepat). Yakni merupakan nama jenis, mencakup mereka dan juga selain mereka, yang sesuai dengan ciri-ciri mereka, seperti banyak berbuat jahat dan kekafiran. Dan tidak hanya terbatas kepada suatu kelompok yang khusus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: